Minggu, 25 Maret 2012

Arsenal 3-0 Aston Villa


Pada pertandingan Sabtu lalu, Wenger melakukan satu pergantian dari formasi yang diturunkannya saat menang menghadapi Everton 1-0, dimana Gervinho menggantikan posisi Aaron Ramsey di sisi kiri penyerangan Arsenal.

Namun, sebelum Kick-off babak pertama Laurent Koscielny cedera lutut saat pemanasan. Johan Djorou masuk menggantikannya dalam starting line-up.

Villa yang berada di posisi 15 EPL setelah kalah di Emirates juga tersingkir dari Piala FA musim ini. 

Namun, pertandingan mereka di Emirates Stadium sebelumnya di EPL berhasil memperoleh 3 poin dan membuat mereka menjadi lawan paling sukses saat bertemu Arsenal di Emirates Stadium.

Lapangan disinari cahaya matahari musim semi yang menyejukkan sore ini. Mungkin kita tidak perlu terkejut,  tak menyadari waktu yang cepat berlalu. Setelah hari ini, Arsenal menyisakan 8 pertandingan dalam putaran EPL 2011-2012.

Musim panas sebentar lagi, ini berarti anak-anak asuhan Wenger punya waktu untuk terus melaju dengan sempurna. Di akhir bulan ini mereka melewati Chelsea dan Tottenham di posisi ketiga. Hasil ini memberi keuntungan bagi Arsenal untuk memperlebar jarak dengan rivalnya, Chelsea dan Tottenham. 
Dan bermain baik sejak awal, merupakan hal yang tepat yang mereka lakukan.
Villa punya kesempatan pertama ketika Albrighton berlari cepat menusuk pertahanan Arsenal dan melepaskan tendangan. Namun setelah itu Arsenal mengambil alih kendali permainan.

Tandukan Thomas Vermaelen melambung ke atas gawang Villa di menit ke 7. Tidak lama kemudian umpan Gervinho ke Walcott kurang diselesaikan dengan baik dan melebar disisi kanan. 

Saat Robie Van Persie melakukan tendangan backheel membuat Walcott bergerak maju dengan cepat untuk menendang bola. Shay Given melakukan penyelamatan dan bola rebound gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Bacary Sagna. 

Kini Arsenal menemukan ritme permainannya, yang pasti terjadi, mereka akan mencetak angka. Dan terbukti di menit ke 16, Gervinho memberi umpan kepada Gibbs disisi kiri. Gibbs menendang bola ke arah gawang, tendangannya mengenai Given dan bola masuk ke gawang. Ini merupakan gol keduanya musim ini. Gol pertamanya dicetak saat Arsenal menghadapi Shrewsbury pada ajang Carling Cup.
Arsenal unggul 1-0 melalui Gibbs di menit 16
Gol Gibbs tersebut membuat Arsenal semakin bernafsu untuk menyerang. Kemenangan beruntun yang mereka peroleh sebelumnya mebuat mereka bermain dengan kepercayaan diri yang tinggi, menyerang dan terus menyerang dari menit awal.

Hasilnya di menit 25 melalui umpan lambung Alex Song, Walcott menyambut umpan Song dengan menendang bola kearah gawang dan gol. Ini merupakan gol kesembilan Walcott musim ini.
Walcott menambah keunggulan Arsenal 2-0 di menit 25
Sekarang Emirates penuh riuh kegembiraan. Tendangan volley Van Persie melintas tipis di tiang gawang Villa, sebelumnya tendangan jauh Arteta dapat ditepis oleh Given. Given juga berhasil menjaga gawangnya dari tendangan chip Van Persie.

Enam menit sebelum berakhir babak pertama, Arsenal memiliki kesempatan untuk menambah keunggulan. Song memulai serangan dari tengah dan mengumpan bola ke arah Van Persie, tapi sayang Van Persie tersandung saat memperoleh bola dan seolah-olah kesempatan hilang, Van Persie mencoba untuk bangkit, Given meninggalkan posnya, Van Persie melepaskan sontekan ke arah gawang yang kosong. Namun tiba-tiba Stephen Warnock datang dan menyundul bola melambung keatas gawang Villa. Sebuah penyelamatan yang menyelamatkan Villa dari kebobolan ketiga mereka.

Villa bermain lebih agresif di babak kedua. Mereka harus bermain lebih baik atau Arsenal akan menambah keunggulan lebih banyak.

Villa mulai lebih menyerang dan Wojciech Szczesny mulai diuji. 
Arsenal punya bnyak kesempatan untuk menambah angka, saat Gibbs melepaskan umpan crossing, Van Persie mendekat, bola berhasil di tepis dan menjauh dari gawang Villa, kemudian Thomas Rosicky datang dan melepas tendangan dari jarak jauh. 

Wenger kemudian memasukkan Andre Santos dan Aaron Ramsey dengan mengganti Gibbs dan Gervinho. Santos bermain canggung setelah kembalinya dari cedera selama empat bulan. Dia melakukan kesalahan melepas bola ke arah Andreas Weimann. Pemain Villa ini melepaskan tendangan ke arah gawang.

Arsenal seperti tersengat, beberapa kesempatan nyaris menjadi gol saat tendangan bebas Arteta melambung keatas gawang Given dan tendangan Ramsey melebar.

Saat waktu mulai berakhir, Arsenal mulai bermain lebih berhati-hati untuk menjaga posisi keunggulan mereka. Tiga poin bisa mereka dapatkan, hanya tinggal berusaha untuk menghentikan Villa yang terus berusaha memperoleh angka. 

Hal ini membuat Arsenal bermain agak kaku, tetapi Arsenal perlu menjaga keunggulan. Para penonoton bergemuruh gembira, mereka bernyanyi dan meneriakkan "hanya ada satu Arsene Wenger".

Delapan menit sebelum pertandingan berakhir, pemain pengganti Alex Oxlade Chamberlain melewati Warnock dan akhirnya ia dijatuhkan oleh Stephen Ireland. Sempat muncul protes, namun dari tayangan ulang Ireland terlebih dahulu memenangkan bola. 
Chamberlain harus dijatuhkan Ireland

Weimann memiliki kesempatan memberi angka untuk Villa menjelang akhir babak kedua, namun tendangannya berhasil di blok oleh Djorou, bisa dikatakan itu merupakan kesempatan terbaik Villa. Namun akhirnya Arsenal lah yang berhasil mencetak angka dan menambah keunggulan. Saat Song dilanggar di area lawan dan Arteta sukses mengeksekusi tendangan bebas menjadi sebuah gol yang indah. Emirates bergemuruh.....
Selebrasi Arteta setelah menambah keunggulan Arsenal 3-0 Villa
Akhir yang sempurna bagi Arsenal di bulan Maret ini...
Victoria Concordia Crescit




Tidak ada komentar: