Selasa, 26 Juni 2012

Sembilan (9) Kesalahan The Inconvenient Truth

Menurut Michael Burton, seorang petinggi hukum di Inggris dan National Center For Policy Analysis dalam buku A Global Warming Primer, film dokumenter The Inconvenient Truth oleh Al Gore ini harus direvisi karena mempunyai sembilan kesalahan yang sangat menyolok. Di antaranya adalah:

  1. Peringatan Al Gore bahwa tingkat permukaan air laut akan naik 6 m saat sebagian besar Antartika Barat atau Greenland mencair. Menurut Burton, sesungguhnya gejala pencairan es ini akan berlangsung sampai ribuan tahun.
  2. Badai Katrina dianggap Al Gore sebagai akibat dari pemanasan global. Menurut Burton bahwa tidak ada cukup bukti untuk menunjukkan badai katrina adalah akibat dari pemanasan global.
  3. Beruang kutub yang dinyatakan Al Gore harus berenang sampai 100 km untuk menemukan bongkahan es dan mereka tenggelam karena jarak yang sangat jauh. Menurut Burton bahwa hanya ada 4 beruang kutub yang mati tenggelam akibat dari badai.
  4. Al Gore meyatakan bahwa terumbu karang menjadi rusak karena perubahan iklim. Menurut Burton perubahan iklim bukanlah satu-satunya penyebab karena penangkapan ikan berlebihan dan polusi juga menjadi salah satu penyebab utama dari kehancuran terumbu karang.
  5. Al Gore menyatakan bahwa gas rumah kaca meningkat disebabkan oleh aktivitas manusia dan menyebabkan global warming. Menurut National Center For Policy Analysis menyatakan bahwa gas rumah kaca hanyalah sebagian kecil di atmosfer bumi, aktivitas manusia sangat sedikit sekali menyumbang efek rumah kaca. 
  6. Menurut Al Gore tingginya kadar karbondioksida di bumi menyebabkan kenaikan temperatur. Menurut  National Center For Policy Analysis tidak ada hubungan antara kadar karbondioksida terhadap temperatur bumi. 
  7. Al Gore menyatakan jumlah populasi beruang kutub menurun drastis. Menurut  National Center For Policy Analysis populasi beruang kutub justru meningkat sejak tahun 1950.
  8. Menurut Al Gore jumlah badai meningkat tajam. Menurut  National Center For Policy Analysis tidak ada cukup bukti bahwa jumlah badai meningkat tajam.
  9. Menurut Al Gore kekeringan merupakan efek perubahan iklim. Menurut  National Center For Policy Analysis kekeringan adalah proses alami yang sering terjadi dan lebih lama melanda di masa lalu daripada sekarang. 
Kritikan terhadap Al Gore ini mungkin saja benar dan mungkin saja salah karena perubahan alam dapat terjadi secara drastis dan tidak bisa diprediksi sebelumnya.

Sumber: Global Warming For Beginner

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Michael Burton bukannya produser film Alice in Wonderland ya gan??

A.D. Rafke mengatakan...

kan yang namamya Michael Burton ga cuma satu orang gan....heheh