Senin, 26 November 2012

Makna kesuksesan dari membuat pempek


Beberapa hari yang lalu, saya dibawakan pempek oleh tante saya. Satu box besar, memang bukan untuk saya saja, tapi satu keluarga. Setelah disantap, ternyata pempek ini luar biasa enak dan luar biasa gratis. Soalnya saya kan dihitung keluarga, heheh.


Pempeknya putih, lembut, dan ga amis walau komposisi daging ikan lebih banyak dari tepung. Dan beliau menceritakan tentang berbagai rahasianya, salah satunya komposisi santan dan jahe didalamnya. Jumlah mereka tidak banyak tapi sangat mempengaruhi cita rasa. Katanya itu adalah salah satu kunci mengapa pempek dan cukanya ini enak luar biasa. Selain itu, ternyata biaya pembuatannya hanya sekitar Rp. 120.000,00. WAW...muraaahh abiss...Kalo kita pesan di restoran bisa habis 500-600 ribu, begitu katanya. 

Kemudian beliau juga bercerita bahwa pempek racikannya ini adalah pempek dengan resep sempurna buatannya. Untuk membuatnya beliau telah bereksperimen puluhan kali sambil mencari informasi melalui teman dan kerabat. Dahulu beliau tak pernah berhenti berkesperimen untuk membuat pempek yang enak dan mengalahkan pempek yang dijual diberbagai restoran itu, sampai-sampai adik saya bosan makan pempek buatannya. 

Awalnya beliau tidak bisa membuat pempek, namun dengan tekad yang kuat, beliau melakukan berbagai eksperimen. Suatu ketika disaat eksperimen yang ke sekian, beliau mulai capek dan merasa buntu. Lalu beliau berucap dalam hati akan berhenti memasak pempek jika eksperimen ini gagal, dan ini adalah eksperimen terakhir. Setelah dicoba, ternyata eksperimen ini berhasil, dan kini semua orang yang memakan pempek buatannya akan berkata, "Pempek ini luar biasa enak!".

Setelah mendengar cerita tante saya ini, saya merenungi ceritanya dan kagum akan usahanya. Lalu sambil terus merenung, muncul sebuah kalimat bijak dari pikiran saya, bahwa:

"Sukses itu adalah keberhasilan mencapai tujuan melalui berbagai eksperimen"

Ya, eksperimen diibaratkan sebagai usaha. Usaha tanpa henti untuk mencapai satu tujuan, yaitu membuat pempek yang enak.  

"Komunikasi yang baik membawamu pada rahasia kesuksesan"

Ya, adanya bahan santan dan jahe dalam pembuatan pempek yg sempurna itu tidak serta merta langsung ditemukan dalam eksperimen. Beliau mengetahuinya dari teman dan kerabat. Jumlah santan dan jahe itu hanya sdikit katanya, dan mereka yang membuat perbedaan dengan pempek lainnya. Ini yang membuat pempek ini lebih dari rata-rata pempek yang ada di pasaran. Ini yang membuat saya teringat pada novel "Negeri 5 Menara" karya A.Fuadi. Salah satu pesan didalamnya adalah untuk mencapai sukses usaha kita harus lebih dari rata-rata.

Dari cerita saya diatas, terdapat makna bahwa sukses itu tidak cuma usaha kerja keras mengerahkan tenaga dan pikiran saja, itu baru membawa kita pada nilai rata-rata. Kita butuh komunikasi dengan baik terutama dari orang yang berpengalaman tentang tujuan yang ingin kita capai agar kita tahu kiat sukses yang merupakan rahasia mereka karena umur kita tidak cukup panjang untuk menemukan semua rahasia itu sendiri. 

Bahwa banyak hal penuh makna di setiap kejadian disekeliling kita, tinggal bagaimana kita menyikapinya.



Salam



Rafke

Tidak ada komentar: