Senin, 04 Juli 2011

MEDITASI, Seru dan Melelahkan!


MEDITASI, media training organisasi....
ini adalah salah satu agenda wajib tiap tahun dari FORESTECH dimana mahasiswa baru diberi pelatihan organisasi dengan pemberian materi dan game seru yang bermakna.

Pada tanggal 25-26 juni 2011 lalu, kami dari forestech kepengurusan THH 2009 mendapat tantangan yang luar biasa. Tanggal tersebut merupakan hari libur paling menyenangkan karena telah menyelesaikan ujian akhir semester (UAS). Proker (program kerja) ini telah mengalami beberapa kali pemunduran jadwal karena berbagai hal dan kami memilih jadwal setelah UAS untuk menyegarkan kembali pikiran setelah sibuk berjuang dalam UAS. Ternyata acara dengan tema yang sama juga diadakan oleh BSO dan HMM lain dalam jadwal yang sama, sungguh merupakan sebuah perjuangan yang berat dari kami sebagai panitia untuk memenangkan publikasi. Tapi ternyata dari target 50 peserta teman-teman 2010, 20 pendaftar dan hanya 5 orang yang hadir di hari H. Kami dari panitia sedikit kecewa, tapi ini tidak membuat semangat kami luntur untuk terus membuat acara ini sukses.
Dengan hadirnya mas/mba THH 2008 semakin memeriahkan acara ini. Konsep acara di hari pertama diisi dengan pemberian beberapa materi, materi pertama adalah tentang keorganisasian oleh Mas Eko Purnomo (THH'08).
Gini-gini dia ketua saya lho, koordinator Co. Ass Anatomi dan Identifikasi Kayu
Pada saat mas Eko mengisi acara, saya sedang menjemput Pak Yudo di rumahnya bersama sahabat saya Danu, jadi saya tidak bisa merangkum pesan-pesan dari beliau.

Materi kedua adalah tentang kewirausahaan oleh Bpk. Yudo EB. Istoto (Dosen MK. Kewirausahaan).
Bpk. Yudo saat memberikan training di wisma Alkindi
Ada pesan menarik yang disampaikan oleh beliau tentang prinsip dalam berwirausaha, yaitu:
1. Mulai dengan visi
2. Jalani prosesnya (cara membuat, pengalaman mengatur, penjual, administratur, pemikiran ditambah imajinasi)
3. Bermitra jika belum mampu sendiri
4. Berdoa

Ada kata-kata yang beliau tunjukan dari presentasinya, sebuah kata motivasi dari Einstein "Imajinasi lebih berarti dari ilmu pasti.....". Sungguh luar biasa!!

Dan beliau juga memberi kata-kata motivasi yang tidak kalah hebatnya dari seorang Einstein yaitu, "Hancurkan semua penghalangmu, rasa malas, ragu-ragu dan tidak PD"

Materi yang ketiga dibawakan oleh Mas Afifi (THH'07) adalah tentang penelitian. Mas Afifi ini termasuk mahasiswa teladan, khususnya tentang Penelitian dan PKM, dia udah banyak banget lolos PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa). Dia selalu membawa buku kecil butut buat nulis semua idenya, katanya harga bukunya itu lebih dari 20 juta, haha....soalnya bukunya berisi ide-ide penelitian, jadi wajar aja klo mahal, hehehe
orangnya yang ditengah, sepertinya lagi foto sama orang Jepang di Tamtim
Menurut Mas Afifi, setiap manusia punya jiwa penasaran terhadap segala macam hal yang terjadi di dunia ini. So, waktu Mas Afifi lagi presentasi, dia mengajak kami semua untuk mencari satu hal yang membuat kita penasaran dengan kata "Kenapa", banyak hal yang membuat kita semua tertawa salah satunya dari Muhammad Zakky Arief Rahman yang bertanaya seperti ini, "Kenapa hanya rambut yang dikepala yang bisa panjang yang lain kok ga ya?" Semua orang tertawa dengan pertanyaannya. 

Mas Afifi melanjutkan bahwa banyak hal yang awalnya ide penelitian berasal dari sebuah lelucon, tetapi jika bisa membuktikannya akan menjadi sebuah pujian. Salah satu contoh yang mas Afifi ceritakan yaitu, ada sebuah penelitian seseorang yang awalnya punya ide aneh, yaitu "Bagaimana jika kita duduk diatas kotoran sapi?" Aneh memang, tapi ternyata bisa dilakukan. Orang itu membuat papan partikel dengan slah satu bahannya adalah kotoran sapi, lalu papan itu dijadikan bangku. Haha....sungguh ide aneh yang luar biasa!

Pesan yang luar biasa dari Mas Afifi kepada kami semua baik panitia dan peserta MEDITASI, "Siapkan selalu buku catatan dan pulpen karena ide akan datang tiba-tiba dan akan hilang tiba-tiba pula."

Malamnya acara semakin menarik dengan api unggun, kopi, bakar jagung, akustikan, dan tidak lupa pokeran (hal wajib yang harus dikuasai oleh anggota FORESTECH, baik cowo ato cewe). Serruuuuuuu!!!! Hehehe

Hari pertama meditasi diisi dengan berbagai materi oleh para pembicara diatas. Di hari kedua diisi dengan permainan outbond seru yang memadukan kekompakan dan taktik yang dimulai dengan senam pagi dan sarapan serta tidak lupa membuat yel-yel kelompok. Lalu diakhiri dengan permainan Water War yang bikin basah kuyup.

Dan taukah apa kesan & pesan teman-teman 2010 yang ikut?
Kesan over all....serrrrruuuuuuuuuu bangetttt!!!
Pesan......klu bisa mas/mba panitia publikasinya harus lebih yahuuut, soalnya kasihan teman-teman 2010 yang lain, mereka ga bisa ngerasain seruunya acara ini....

Tidak lupa ada sebuah kejutan dari sahabatku Zumas untuk pacarnya Yuanita (junior) untuk ulang tahunnya, heheh
Dan ada satu hal lagi yang sangat berkesan secara pribadi, yaitu dibanting teman satu kelompok Dana dan Mas Yudha di permainan Spider Web, sakit memang tapi saya tetap ketawa karena yang lain tertawa girang, hehe...aneeh, lalu dengan indah ku bilang..."Awakku loro tenan...aseeem!!"

Tidak ada komentar: